Gerindra-PKB Usung Calon Penantang Bupati Petahana Wonogiri

Aris Arianto - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 15:47 WIB
Pasangan yang diusung Gerindra dan PKB di Pilkada Wonogiri, Hartanto (kiri) dan Joko Purnomo.
Pasangan yang diusung Gerindra dan PKB di Pilkada Wonogiri, Hartanto (kiri) dan Joko Purnomo. (Foto: Dok relawan Harjo)
Wonogiri -

Partai Gerindra dan PKB kompak mengusung pasangan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo) untuk menantang petahana jagoan PDIP di Pilkada Wonogiri 2020. Jagoan yang diusung PDIP yakni Joko Sutopo alias Jekek, saat ini menjabat Bupati Wonogiri, dan Sriyono.

Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri Suryo Suminto menegaskan partainya akan mengusung pasangan Harjo di Pilkada serentak 2020 pada Desember mendatang. Rekomendasi sudah dikantongi, Senin (3/8) kemarin. DPP Gerindra sudah merekomendasikan pasangan Harjo.

"PKB juga sudah mendukung pasangan Harjo. Kami harapkan, rekomendasi dari partai lain bisa segera turun di minggu ini," kata Suryo kepada detikcom, Selasa (4/8/2020).

Menurut dia, pasangan Harjo ini dinilainya bisa menyerap aspirasi masyarakat. Selain itu, mereka dianggap pas dengan visi misi dari Gerindra.

"Di internal Gerindra Wonogiri sudah kita sosialisasikan, Karena rekom sudah turun, akan kami sampaikan juga ke pengurus DPC, ranting, anak ranting, teman-teman fraksi dan masyarakat," jelas Suryo.

Terpisah, Ketua DPC PKB Wonogiri Sumarwoto Umar mengatakan rekomendasi untuk pasangan Harjo keluar sejak awal Juli lalu. Pihaknya menilai pasangan Harjo memiliki integritas dan kemampuan sebagai calon bupati maupun wakil bupati. Selain itu, pihaknya juga ingin demokrasi bisa tetap berjalan.

"Kalau calonnya tunggal kan kurang afdol untuk demokrasi. Kami ingin memberikan warna dan juga pilihan kepada masyarakat," tegas dia.

Hanya saja dia mengakui, PKB tidak bisa mengusung pasangan Harjo sendirian. Selain dengan Gerindra, masih butuh minimal tiga kursi lagi agar bisa mendaftarkan paslon Harjo.

Parpol mana saja yang disebut sudah berkomitmen dia belum bisa mengatakannya. Dia hanya menyebut pihaknya sudah menjalin komitmen dengan beberapa partai menengah lain di Wonogiri.

Tonton video 'Alasan Prabowo Dukung Gibran di Pilkada Solo':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2