Ruang Operasi RS Bethesda Lempuyangwangi Yogya Terbakar

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 22:18 WIB
Kebakaran di RS Bethesda Lempuyangwangi, Kota Yogyakarta, Senin (3/8/2020).
Kebakaran di RS Bethesda Lempuyangwangi, Kota Yogyakarta, Senin (3/8/2020). (Foto: Istimewa)
Yogyakarta -

Ruang operasi sisi selatan Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi di Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta dilalap si jago merah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Kapolsek Danurejan, Kompol Nuning Sukarminingsih menjelaskan, kejadian berawal saat salah seorang petugas rumah sakit melihat kepulan asap pada pukul 18.16 WIB. Kepulan asap itu berasal dari ruang OK (Operatie Kamer) atau ruang operasi.

"Sekitar jam 18.16 WIB ada seorang petugas melihat asap mengepul dan segera mematikan listrik sekitarnya lalu lari ke satpam memberi tahu ada kebakaran. Nah, satpam lalu telepon Damkar," kata Nuning kepada wartawan, Senin (3/8/2020).

Tak berlangsung lama petugas pemadam pun datang dan langsung memadamkan api yang melahap ruang OK di sisi selatan rumah sakit tersebut. Dia menyebut proses pemadaman memakan waktu sekitar 1 jam.

Kebakaran di RS Bethesda Lempuyangwangi, Kota Yogyakarta, Senin (3/8/2020).Kebakaran di RS Bethesda Lempuyangwangi, Kota Yogyakarta, Senin (3/8/2020). Foto: Istimewa

"Yang terbakar ruang OK (Operatie Kamer) sebelah selatan dan pukul 19.16 WIB tadi api sudah padam," ujarnya.

Akibat dari peristiwa tersebut, untuk sementara pasien RS Bethesda Lempuyangwangi dievakuasi ke RS Bethesda Yogyakarta. Hal itu untuk meminimalisir risiko akibat terbakarnya ruang OK.

"Tidak ada korban jiwa tidak ada luka. Hanya material tapi belum dihitung," katanya.

Soal penyebab kebakaran, pihaknya menduga karena adanya korsleting listrik. Sedangkan kerugian masih didata.

"Untuk sementara korsleting listrik dan untuk data masih dalam penyelidikan," ucapnya.

(rih/mbr)