Tracing dari Alumni UGM, 3 Orang Dinyatakan Positif COVID-19

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 20:27 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Foto: Universitas Gadjah Mada (UGM) (dok. detikcom)

Sementara itu, Dekan Pengganti Antar Waktu Fakultas Teknik UGM, Ir. Muhammad Waziz Wildan menjelaskan kronologi alumnus asal Kamboja yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelum berangkat ke negara asalnya, alumnus tersebut telah melakukan rapid test di Yogyakarta dengan hasil non reaktif.

Selanjutnya, sesaat setelah tiba di Kamboja yang bersangkutan melaksanakan tes swab mandiri. Hasilnya yang bersangkutan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Saat mendapat kabar dari yang bersangkutan bahwa hasil swab positif COVID-19, kami bersama Satgas COVID-19 UGM langsung melakukan tracing kepada orang-orang yang pernah berkontak baik kontak erat maupun tidak erat," katanya.

Waziz mengatakan tracing segera dilakukan karena sebelum kembali ke Kamboja, alumnus tersebut sempat mengunjungi kampus untuk mengambil ijazah di KPFT. Selain itu mengurus berkas-berkas di Departemen Teknik Kimia.

Berikutnya melakukan pemeriksaan berupa rapid test dan atau tes swab kepada orang-orang yang pernah berkontak erat maupun tidak erat. Lalu mendisinfeksi ruang-ruang yang pernah digunakan oleh sivitas yang dinyatakan positif COVID-19. Selain itu menutup layanan kantor sementara waktu mulai 3-5 Agustus 2020.

Halaman

(rih/sip)