Tracing dari Alumni UGM, 3 Orang Dinyatakan Positif COVID-19

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 20:27 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Foto: Universitas Gadjah Mada (UGM) (dok. detikcom)
Yogyakarta -

UGM melakukan tracing kasus 1 alumnusnya yang terkonfirmasi positif COVID-19. Hasil sementara, ada 3 orang dinyatakan positif COVID-19 dari hasil tes swab. Ketiganya terdiri dari tenaga pendidik dan mahasiswa Fakultas Teknik.

Ketua Satgas COVID-19 UGM, Dr. dr. Rustmadji mengatakan, UGM melakukan tracing secara intensif terhadap sivitas akademikanya yang sebelumnya pernah melakukan kontak dengan alumnus terkonfrimasi positif COVID-19.

"Dari tracing pada orang yang terindikasi kontak erat dengan yang bersangkutan ditemukan 3 di antaranya dinyatakan positif COVID-19 dari hasil tes swab," kata Rustmadji melalui keterangan dari Humas UGM, Senin (3/8/2020).

Tiga orang yang dinyatakan positif COVID-19 meliputi 2 tenaga kependidikan (tendik) dan 1 mahasiswa di Fakultas Teknik UGM. Tenaga kependidikan yang tertular merupakan pegawai yang pernah berkontak erat saat melayani pengambilan ijazah. Sedangkan 1 mahasiswa merupakan teman satu kontrakan dengan alumnus tersebut.

"Saat ini kita sudah berikan perawatan dan lakukan isolasi pada sivitas yang terkonfirmasi positif COVID-19," ucapnya.

Selain melakukan swab pada sivitas UGM yang pernah berkontak erat dengan alumnus tersebut, Rustmadji menyebut saat ini pihaknya juga melakukan rapid test pada sivitas yang memiliki kontak tidak terlalu erat.

"Ada sekitar 20-an orang yang kita rapid dan kita pantau terus untuk dilakukan rapid kedua pada tanggal 7 Agustus depan. Sementara ini kami minta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan kita juga sediakan tempat isolasi," ujarnya.

Untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di lingkungan kampus, Adji mengatakan UGM terus melakukan tracing dan mengintensifkan promosi kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Promosi kesehatan yang dilakukan terkait pemakaian masker yang benar mulai dari cara menggunakan hingga melepas, menjaga jarak, mencuci tangan dan pembatasan waktu layanan kantor.

Selanjutnya
Halaman
1 2