Kota Solo Saat Ini Zona Merah COVID-19

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 22:31 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi COVID-19 atau virus Corona. (Edi Wahyono)
Solo -

Status Kota Solo saat ini zona merah atau berisiko tinggi potensi penularan COVID-19. Dalam dua pekan terakhir, penambahan kasusnya mencapai lebih dari 200 kasus.

Dalam jangka waktu lama, Solo sempat berada di level kuning atau risiko rendah. Kemudian meningkat ke zona oranye dan hari ini terlihat di situs covid19.go.id bahwa Solo masuk kategori zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan peningkatan status tersebut terjadi sejak 12 Juli 2020. Kasus terus bertambah hingga hari ini.

"Sejak 12 Juli itu kan meningkat terus kasusnya. Dulu pernah zona merah, sempat landai, kini kembali merah," kata Siti Wahyuningsih saat dihubungi, Rabu (29/7/2020).

Penambahan kasus paling banyak disumbang dari klaster tenaga kesehatan (nakes) di beberapa fasilitas kesehatan. Kemudian ada sejumlah klaster lain, antara lain tahu kupat hingga pasar.

Menurutnya, saat ini jumlah kumulatif positif COVID-19 di Solo mencapai 257 kasus. Dari jumlah itu masih ada 46 orang yang dirawat di rumah sakit dan karantina mandiri. Selain itu ada 8 orang yang dinyatakan meninggal dunia karena COVID-19.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan akan melakukan pertemuan dengan seluruh jajarannya membahas peningkatan kasus COVID-19.

"Besok kita video conference lagi sama lurah-camat mengantisipasi penambahan kasus. Karena ini kan mau Idul Adha, protokol kesehatan harus dijaga betul," kata Ahyani.

(rih/mbr)