Temanku Lima Benua, Nama Unik Gadis Asal Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 12:05 WIB
Temanku Lima Benua, gadis asal Klaten, Jumat (24/7/2020).
Temanku Lima Benua, gadis asal Klaten, Jumat (24/7/2020). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Temanku Lima Benua! Gabungan kata tersebut bukan kalimat pernyataan, melainkan nama seorang gadis berusia 18 tahun asal Desa Belang Wetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten. Yuk berkenalan dengan Temanku Lima Benua.

Saat ditemui detikcom, Temanku Lima Benua bercerita soal asal mula namanya itu. Yakni pemberian dari ayahnya, Hariadi Purnama, yang seorang seniman.

"Bapak kan dulu ikut pantomim di bengkel teater WS Rendra, kan itu (Rendra) temannya. Waktu itu saya kan lahir, idenya (Rendra) cuma dikasih nama Lima Benua tapi oleh Bapak ditambahi Temanku," ungkap Lima Benua saat ditemui detikcom di lokasi Biennale Bank Sampah Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten, Jumat (24/7/2020).

Liben, sapaannya, lahir bulan April 2002. Menurut cerita sang ayah, namanya ditambahi kata Temanku ada maksudnya. Yakni agar banyak teman.

"Awalnya cuma Lima Benua saja tapi oleh Bapak ditambahi Temanku. Agar memudahkan dan temannya banyak," lanjut Liben sembari tersenyum.

Dikatakan Liben, meskipun ada kata Lima Benua, orang tuanya tidak punya riwayat perjalanan ke lima benua di dunia. Hanya pernah ke Jerman untuk belajar pantomim.

"Ayah pernah ke Jerman kuliah pantomim. Tidak masalah dengan nama saya, keluarga juga biasa saja," imbuh Liben.

Liben yang juga seorang seniman speed art dan telah melukis ribuan sketsa wajah itu mengaku punya pengalaman unik atas namanya di sekolah. Terutama saat pelajaran IPS atau sejarah.

"Pas pelajaran IPS atau sejarah kalau Pak Guru manggil Benua, saya pernah kaget. Saya kira menerangkan pelajaran tetapi ternyata memanggil saya," ucap Liben.

Selain saat pelajaran, lanjutnya, waktu absen sekolah juga pernah membuat kaget teman kelas. Sebab saat dibacakan ada kata Temanku.

"Ya awal awalnya sih kaget tapi setelah biasa ya tidak apa. Pernah juga saat nama saya tulis di papan gambar pas gambar juga tanya," tambah Liben.

Tonton video 'Pasutri Banyuwangi Jalani Sumpah Pocong Karena Dituduh Punya Santet':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2