Warek 3 UNS Temui Massa Aksi Demo #UniversitasNggaweSusah

Ristu Hanafi - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 17:34 WIB
Aksi #UniversitasNggaweSusah di UNS Solo, Senin (20/7/2020)
Foto: Aksi #UniversitasNggaweSusah di UNS Solo, Senin (20/7/2020) dok.Aliansi UNS Bergerak
Solo -

Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Kuncoro Diharjo menemui massa aksi yang mengusung tagar universitas nggawe susah (bikin susah) atau #UniversitasNggaweSusah. Hingga sore ini massa aksi masih bertahan di lokasi demo.

"(Massa aksi) Sudah ditemui kok. (Ditemui) Sama Warek 3 (Wakil Rektor III UNS) Prof Kuncoro," kata Deputi Humas UNS, Deddy Whinata Kardiyanto saat dihubungi detikcom, Senin (20/7/2020).

Diberitakan sebelumnya, tagar universitas nggawe susah atau #UniversitasNggaweSusah yang diinisiasi BEM Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo jadi trending topic di Twitter. Tak hanya mencuit di media sosial, mahasiswa juga melakukan aksi di area kampus.

Dari foto yang diterima detikcom, Senin (20/7), aksi demo mahasiswa ini digelar di Boulevard UNS Solo. Para mahasiswa yang menggelar aksi memakai pakaian almamater warna ndog asin (turqoise).

Mereka membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan 'Universitas Nggawe Susah', 'Pandemi COVID Dispensasi UKT Syaratnya Berbelit Belit Emang Sebenarnya UNS Pelit!!', 'GWS UNS', hingga 'Dosa Besar Rektorat Adalah Menaikkan SPI Dimasa Pandemi'.

Mahasiswa UNS menggelar aksi yang mengusung tagar #UniversitasNggaweSusah. Ada 10 tuntutan yang diusung oleh para mahasiswa pada pihak kampus UNS dalam aksi ituMahasiswa UNS menggelar aksi yang mengusung tagar #UniversitasNggaweSusah. Ada 10 tuntutan yang diusung oleh para mahasiswa pada pihak kampus UNS dalam aksi itu. Foto: Istimewa/ Dok. Aliansi Mahasiswa UNS Bergerak

Mereka menggelar demo dengan menerapkan jaga jarak atau physical distancing. Aturan mengikuti aksi ini sudah disosialisasikan via Twitter. Di antaranya wajib membawa dan memperhatikan payung/jas hujan, masker, botol minum, poster tuntutan, hand sanitizer, jaga jarak lebih kurang 1 meter, dan obat pribadi.

Mahasiswa yang mengikuti demo pun tampak mengenakan masker. Mereka juga tampak berbaris rapi. Saat ini para mahasiswa ditemui perwakilan dari rektorat.