Golkar Usung Cabup Petahana di Pilkada Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 00:55 WIB
Bupati Bantul, Suharsono saat menerima rekomendasi dari DPC Golkar Kabupaten Bantul
Foto: Bupati Bantul, Suharsono saat menerima rekomendasi dari DPC Golkar Kabupaten Bantul (Pradito/detikcom)
Bantul -


DPD Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyerahkan rekomendasi Pilkada Bantul ke calon bupati petahana Suharsono. Dalam Pilkada Bantul 2020 ini, Suharsono berpasangan dengan Totok Sudarto.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan, tahapan penjaringan telah bergulir sejak akhir tahun 2019. Namun, akibat COVID-19 pada bulan Maret-Mei tahapan tersebut sempat tertunda.

"Partai Golkar sudah melakukan lima tahapan yang dilaksanakan oleh DPD Kabupaten/Kota dan Provinsi yang akan menjalani Pilkada serentak mulai dari proses penjaringan hingga dikeluarkannya surat rekomendasi," kata Doli saat ditemui di Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Sabtu (18/7/2020).

"Untuk Pilkada Bantul, akhirnya kita menetapkan dukungan kepada pasangan Suharsono-Totok Sudarto," imbuh Doli.

Doli menyebut Suharsono dinilai mampu memenuhi target penugasan mencari pasangan di Pilkada Bantul. Selain itu, wakil yang dipilih Suharsono, Totok merupakan kader Golkar.

"Kenapa merekomendasikan Suharsono-Totok Sudarto karena melihat beberapa aspek di antaranya kerja sama Bupati Bantul dengan Partai Golkar berjalan dengan baik dalam membangun Bantul. Apalagi Pak Totok Sudarto sendiri adalah kader Partai Golkar," ucapnya.

Dia menyebut Totok sempat lama vakum di partai karena menjadi ASN. Saat ini, Totok menjabat sebagai ketua PGRI Kabupaten Bantul.

Doli mengatakan dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada, Golkar sudah menetapkan dukungan kepada 161 psangan calon di Pilkada serentak 2020. Sisanya akan diumumkan pada tahap kedua Agustus.

Sementara itu, Suharsono mengapresiasi dukungan DPD Golkar DIY itu. Ketua DPC Partai Gerindra Bantul ini berjanji akan semaksimal mungkin memenangkan Pilkada di Bantul.

"Saya mengajak Partai Golkar untuk saling bau membahu memenangkan pilkada serta tidak mengenal lelah. Rawe-rawe rantas malang-malang putung untuk merebut kembali kemenangan," ucap Suharsono.

(ams/ams)