Ditahan Gegara Kasus Suap, Direktur PDAM Kudus Dinonaktifkan

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 12:56 WIB
Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini usai diperiksa sebagai saksi di Kejari Kudus, Senin (15/6/2020).
Foto: Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini usai diperiksa sebagai saksi di Kejari Kudus, Senin (15/6/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini resmi ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah terkait kasus dugaan suap pengangkatan dan penerimaan pegawai. Humaini pun dinonaktifkan sebagai direktur PDAM Kudus per hari ini.

"Huamini otomatis sudah nonaktif sementara (dari Direktur PDAM Kudus)," kata Plt Bupati Kudus HM Hartopo selepas acara rapat paripurna di DPRD Kudus, Jumat (17/7/2020).

Hartopo mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu salinan resmi tentang penetapan tersangka Humaini dari jaksa. Hingga kini Pemkab Kudus belum menerima salinan tersebut.

"Ya kemarin dari Sekda suruh untuk membuat surat terkait salinan ketetapan tersangka kepada Direktur PDAM. Sampai sekarang kami belum menerima salinan, terkait untuk meninjau sesuai dengan pedoman," ucap Hartopo.

Dia menambahkan saat ini, pihaknya belum memutuskan pengganti Humaini. Hartopo masih melakukan kajian terkait kasus yang menjerat Humaini.

"Ini (Plt atau Plh) sementara belum (kosong). Kita menunggu kajian terlebih dahulu," ucapnya.

Hartopo menyebut pihaknya telah memanggil instansi terkait untuk membahas pelayanan PDAM usai penahanan Humaini. Hartopo memastikan agar pelayanan kepada 45 ribu pelanggan di Kudus tak terganggu.

"Langkah kita, semua Kabag saya panggil, Dewas (Dewan Pengawas) juga saya panggil, selama ini pelayanan bagaimana ada terkendala, mereka tidak ada permasalahan. Mereka melayani pelanggan 45 ribu jangan sampai ada permasalahan. Dari keterangan mereka, oke tidak masalah. Hanya bagian keuangan untuk operasi ambil uang, harus ditandatangani direktur nah nanti solusinya seperti apa," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2