Penanganan COVID-19 di DIY Disebut Terbaik, Sultan: Sudah Jadi Kewajiban

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 19:09 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Kamis (16/7/2020).
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Kamis (16/7/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut penanganan virus Corona atau COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi yang terbaik sejauh ini. Lalu bagaimana tanggapan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X terkait hal tersebut?

"Ya terima kasih saja, gitu lho. Tapi itu (penanganan COVID-19) kan sebetulnya kewajiban seluruh kabupaten provinsi di Indonesia ini," kata Sultan saat ditemui wartawan di Bangsal Kepatihan, kompleks kantor Gubernur DIY, Kamis (16/7/2020).

"Bagaimana bisa melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab dengan baik, karena hakikatnya yang penting itu," lanjutnya.

Sultan melanjutkan, penanganan COVID-19 di DIY selama ini menempatkan masyarakat sebagai subjek dan bukan objek dalam mengambil kebijakan selama pandemi COVID-19. Menurutnya, hal itu efektif dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Masyarakat itu menjadi subjek di dalam proses kebijakan yang ada, jangan sampai masyarakat itu merasa diperintah kon ngalor kon ngidul (suruh ke utara suruh ke selatan)," ucapnya.

"Tapi bagaimana kebijakan itu dibikin masyarakat jadi subjek karena pada hakikatnya yang sakit ya masyarakat sendiri dan yang sehat masyarakat sendiri. Jadi meletakkan pada kepentingan bahwa masyarakat harus bisa menjaga dirinya sendiri," imbuh Sultan.

Untuk menumbuhkan hal tersebut, Sultan mengaku salah satu caranya dengan meminta agar pemerintah desa mencatat setiap pendatang yang masuk ke DIY. Hal tersebut juga dibarengi dengan keaktifan lurah, babinsa, bhabinkamtibmas yang nantinya melecut partisipasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Secara di bawah kesadarannya dia (masyarakat) akan berfungsi jadi subjek itu sendiri, untuk memberikan kesadaran pentingnya sehat dan pakai masker dan sebagainya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2