Untuk Nginap Rombongan Kementerian Idap COVID-19, 2 Hotel di Solo Ditutup

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 18:25 WIB
Ilustrasi Corona
Ilustrasi. Foto: dok iStock
Solo -

Dua hotel berbintang di Solo ditutup sementara karena sempat digunakan untuk menginap tamu yang terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, para tamu tersebut adalah rombongan dari sebuah kementerian.

Sejumlah pegawai kementerian itu bertugas ke Solo menghadiri sebuah acara pada Rabu (15/7) kemarin. Saat perjalanan menuju Solo, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo menerima informasi adanya salah satu dari rombongan tersebut dinyatakan positif.

"Saat berangkat hasil rapid test nonreaktif, tapi dalam perjalanan kami diinformasikan satu orang swab-nya positif. Orang tersebut dikarantina di hotel," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (16/7/2020).

Setelah dilacak, ternyata total ada delapan orang dari rombongan tersebut yang positif. Mereka kemudian dirawat ke rumah sakit.

"Total ada 8 orang positif dari rombongan tersebut," katanya.

Akibatnya, dua hotel berbintang tersebut harus ditutup selama tujuh hari. Selama itu, Pemkot akan melakukan sterilisasi di hotel tersebut.

"Operasional kita tutup tujuh hari. Selama itu kita semprot disinfektan," kata pria yang menjabat Sekda Kota Solo itu.

Selain itu, Pemkot juga akan melakukan tes swab terhadap para pegawai hotel. Tamu-tamu hotel yang saat itu menginap juga akan dites swab.

"Kontak dekat orang-orang yang menginap di sana, para pegawai mulai front office sampai office boy akan kita tracing dan swab," pungkasnya.

(rih/mbr)