Sekda Grobogan Positif Terinfeksi Virus Corona

Febrian Chandra - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 21:09 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi (Foto: iStock)
Grobogan -

Setelah menjalani pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, M Sumarsono dinyatakan positif terpapar virus Corona (COVID-19). Sumarsono kini dirawat di ruang isolasi RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo, Purwodadi, Grobogan.

Sumarsono saat dikonfirmasi membenarkan perihal dirinya yang terinfeksi virus Corona tersebut.

"Iya benar (positif Corona)," kata Sumarsono melalui pesan WhatsApp, Selasa (14/7/2020).

Dijelaskan Sumarsono, dirinya sadar telah melakukan interaksi dengan banyak orang dalam menjalankan tugasnya. Atas kesadaran itu dia menjalani uji swab ke RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Sabtu (11/7).

Selanjutnya, kata dia, pada Senin (13/7) sore, hasil swab menyatakan dirinya positif COVID-19.

"Kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIB hasil swab keluar positif COVID-19," terang Sumarsono.

Sumarsono juga meminta kepada warga atau pegawai yang pernah menjalani kontak fisik dengannya untuk melapor ke Dinas Kesehatan dan menjalani pemeriksaan.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo mengatakan langkah tracing kepada pegawai yang pernah melakukan kontak dengan Sumarsono tengah dilakukan.

"Rencana besok kita lakukan uji swab kepada pegawai yang pernah kontak. Ini masih kita data tracing," kata Slamet saat dihubungi.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Kesehatan Grobogan hingga Selasa (14/7/2020), total ada 178 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Grobogan. Rinciannya, 18 orang meninggal dunia, 55 orang sembuh dan 105 orang masih dirawat.

Tonton video 'Pemerintah Pantau 46.701 Kasus Suspek COVID-19 Per 14 Juli':

(mbr/rih)