Warga Sleman Keluhkan Jalur Evakuasi Merapi Masih Banyak yang Rusak

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 18:10 WIB
Kondisi Gunung Merapi dari Boyolali, Rabu (8/7/2020).
Gunung Merapi. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Sleman -

Warga di Sleman mengeluhkan kondisi sebagian jalur evakuasi di desa lereng Gunung Merapi yang masih rusak. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki jalur yang rusak agar mempermudahkan proses evakuasi masyarakat.

Salah seorang tokoh masyarakat di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Heri Suprapto (60) mengatakan masyarakat sudah siap jika sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Merapi. Menurutnya, masyarakat telah belajar dari erupsi 2006 dan 2010.

"Kalau masyarakat di Desa Kepuharjo ini semuanya sudah siap," kata Heri saat ditemui di Balai Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Kamis (9/7/2020).

Namun, yang menjadi sorotannya yaitu kondisi beberapa ruas jalur evakuasi yang menuju barak pengungsian di Desa Wukirsari masih dinilai belum baik. Pasalnya, berdasarkan pengamatannya, kondisi jalur evakuasi saat ini dipenuhi lubang.

"Kalau Kepuharjo itu ya jalur evakuasinya sudah baik. Tapi itu ada jalur yang menuju barak pengungsian di Desa Wukirsari yang rusak parah karena banyak truk pengangkut pasir yang melintas," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Glagaharjo yang tergabung dalam Komunitas Siaga Merapi (KSM) Glagaharjo Rambat Wahyudi mengatakan di desanya hanya ada satu jalur evakuasi di desanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2