4 Orang Sekeluarga di Brebes Ini Kena Corona

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 16:21 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi virus Corona. Foto: Edi Wahyono
Brebes -

Empat orang yang masih satu keluarga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Mereka kini menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Bumiayu.

Empat orang yang dinyatakan positif virus Corona ini merupakan warga Bumiayu. Mereka masing-masing berinisial SR (52) dan tiga anak yakni H (29), Y (20) dan M (23). Mereka dinyatakan positif setelah menjalani tes swab sebanyak dua kali.

"Empat orang positif masih satu keluarga terdiri dari wanita 52 tahun dan tiga anaknya. Uji swab menunjukkan hasil positif," kata Kepala BLUD Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto kepada wartawan di kantornya, Selasa (7/7/2020).

Kasus Corona yang dialami keluarga ini bermula saat H, anak dari SR hendak kembali ke Makassar. Di mana salah satu persyaratannya adalah mengantongi hasil rapid test negatif.

"H dan suaminya A adalah warga Bumiayu dan kerja di Makassar. Sebelum lebaran H pulang ke Bumiayu untuk menengok SR (ibunya). Setelah lebaran berlalu, A (suami R) datang ke Bumiayu menjemput H untuk kembali ke Makassar. Nah syarat untuk bisa ke sana harus ada hasil rapid test," beber Ali Budiarto.

Untuk keperluan perjalanan itu, H dan suami memeriksakan diri di RS Siti Aminah. Hasil tes cepat ini menunjukkan hasil darah H reaktif. Untuk memastikan hasil rapid test, H kemudian memeriksakan ulang dengan metode PCR di RS Pertamina Cilacap. Hasilnya dinyatakan positif.

"Hasil ini kemudian ditindaklanjuti. RS Pertamina melaporkan ke Dinkes Cilacap dan diteruskan ke Dinkes Brebes. Pasien H ini kemudian diisolasi di RSUD Bumiayu," sambung Ali.

Sebagai tindak lanjut, terus Ali, dinas melakukan tracing terhadap orang orang terdekat H. Ada 7 orang yang diperiksa menggunakan rapid test.

"Mereka kemudian dites swab-nya di RSUD Bumiayu. Hasilnya sudah keluar. Tiga orang terdekat H positif. Yaitu ibunya SR, dan dua adiknya masing-masing Y dan M. Untuk A suami H swab 1 dan 2 hasil negatif. Y swab 1 dan 2 hasil positif, SR swab 1 dan 2 hasil positif dan M swab 1 hasil negatif, swab 2 hasil positif," ungkap Ali.

Dengan bertambahnya empat pasien positif ini, maka jumlah kasus positif virus Corona di Kabupaten Brebes menjadi 42 orang.

Tonton video 'Tambah 1.268, Total Kasus Positif Corona di Indonesia Jadi 66.226':

(rih/sip)