Warga Wonogiri Rasakan Guncangan Gempa Jepara: Lantai Rumah Horeg

Aris Arianto - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 08:54 WIB
Ilustrasi gempa
(Foto: Ilustrasi)
Wonogiri -

Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 terjadi di wilayah Jepara, Jateng, Selasa (7/7/2020) sekitar pukul 05.54 WIB. Guncangan gempa di laut Jawa tersebut terasa hingga di kawasan selatan Jawa di daerah Wonogiri.

Sejumlah warga yang dihubungi detikcom mengaku merasakan getaran gempa. Lantai terasa bergetar, sejumlah perabot rumah tangga juga bergoyang-goyang.

"Rasanya seperti reg..reg..horeg begitu lantainya. Tapi tidak lama, hanya beberapa detik," ungkap Wahyuningsih, warga Kecamatan Wonogiri.

Senada, Sulistyowati warga Kecamatan Selogiri mengaku cukup kaget ketika getaran terjadi. Terlebih saat itu dia tengah memasak di dapur. Sehingga bisa melihat langsung sejumlah perabotan rumah tangga bergerak-gerak.

"Dapat info katanya gempa di Jepara di Pantai Utara Jawa, tapi terasa sampai ujung selatan Jawa ya," tutur dia.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto mengiyakan getaran gempa terasa oleh sebagian warga Wonogiri. Namun demikian tidak ada kerusakan akibat getaran itu.

"Getarannya hanya kecil," tegas dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BMKG melalui akun resminya melaporkan gempa terjadi berkekuatan M 6,1 pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB. Lokasi gempa berada di titik koordinat 6.12 lintang selatan dan 110.55 bujur timur.

Tonton video 'Gempa M 6,1 Guncang Jepara, Tidak Berpotensi Tsunami':

(mbr/mbr)