11 ASN di Banjarnegara Positif Corona, Sebagian di Antaranya Nakes

Uje Hartono - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 21:58 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers.
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Sebanyak 11 aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Dari jumlah tersebut, sebagian di antaranya merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, berdasarkan pemeriksaan swab di lingkungan ASN terdapat 11 orang terkonfirmasi positif Corona. Dengan tambahan ini, jumlah pasien yang masih dalam perawatan menjadi 12 orang.

"Pemeriksaan swab kami lakukan di kalangan ASN. Selain itu juga ada 5 Puskesmas yang kami swab. Hasilnya terdapat 11 ASN yang terkonfirmasi positif COVID-19. Di antaranya merupakan tenaga kesehatan," kata Budhi saat jumpa pers, Senin (6/7/2020).

Disampaikannya, tenaga kesehatan yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini karena memiliki kontak erat dengan pasien positif Corona. Sedangkan untuk ASN lainnya, dimungkinkan penularan lokal.

"Untuk tenaga kesehatan karena sudah kontak erat dengan pasien positif COVID-19. Tetapi kalau yang ASN lainnya itu klaster kota jadi penularan lokal," ujarnya.

Budhi menuturkan, akibat adanya tenaga kesehatan yang positif Corona, beberapa Puskesmas di Banjarnegara tutup hari ini, Senin (6/7). Penutupan ini dilakukan untuk sterilisasi Puskesmas tersebut.

"Hari ini tadi kami melakukan sterilisasi. Tetapi besok, sudah bisa ada pelayanan seperti biasa. Untuk sterilisasi hanya satu hari," kata dia.

Saat ini, pihaknya lebih menggencarkan tes swab dibanding rapid test. Selain lebih akurat dan lebih murah.

"Sekarang kami tidak melakukan rapid test, tetapi langsung swab. Kami masih punya 800 untuk melakukan pemeriksaan swab. Jadi kami masih terus melakukan pemeriksaan," tuturnya.

(rih/rih)