Gejala ISPA, Seorang Peserta UTBK di UNY Dirujuk ke Pusat Kesehatan

Kristina - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 17:33 WIB
Suasana UTBK di UPN Veteran Yogyakarta
Ilustrasi. Foto: Suasana UTBK di UPN Veteran Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)
Yogyakarta -

Seorang peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dirujuk ke Health and Sports Center (HSC) UNY setelah diketahui punya gejala infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Saat dicek, suhu tubuhnya menunjukkan angka 36,6 derajat celsius.

"Salah seorang peserta UTBK terdeteksi suhu tubuh 36,6 namun demikian ada gejala ISPA. Dia pilek dan batuk-batuk akhirnya kami rujuk ke HSC," kata Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Margana saat ditemui wartawan, Senin (6/7/2020).

Peserta tersebut tidak diperkenankan untuk mengikuti UTBK hari ini. Dia juga direkomendasikan untuk melakukan rapid test.

"Dari HSC disampaikan kepada saya untuk direlokasi, artinya dijadwal untuk melakukan rapid test, karena risikonya tinggi," jelas Margana.

Menyikapi hal tersebut, pihak UNY telah melaporkan kepada LTMPT pusat dan mengusulkan untuk dapat dilakukan penjadwalan ulang terhadap yang bersangkutan.

"Kami juga sudah melaporkan kepada pihak pusat, kita ajukan untuk dapat melakukan penjadwalan ulang. Jadi tidak ada yang dirugikan (dalam kasus ini). yang bersangkutan diminta untuk rapid test dan hasilnya nanti disampaikan kepada kami kalau sudah nanti akan kita jadwalkan ulang, " ucapnya.

Sementara itu, UTBK hari kedua di UNY juga diikuti oleh peserta berkebutuhan khusus. Pihak panitia menyiapkan kursi roda.

"Hari ini ada 3 orang tunadaksa di LIMUNY, yang satu bawa kursi roda sendiri dan yang dua kami sudah siapkan. Diantar panitia pakai kursi roda kami," terangnya.

Persentase kehadiran UTBK hari kedua untuk sesi 5 sebesar 95,5 persen dengan dihadiri 654 peserta dan 31 tidak hadir. Kemudian untuk sesi 7 sebesar 96,4 persen dengan dihadiri 661 peserta dan 24 peserta tidak hadir.

Selain itu, Margana mengimbau kepada para peserta untuk mencetak kartu ujian kembali sebelum pelaksanaan ujian berlangsung.

"Ada perubahan sesi, jadi harus cetak kartu ulang supaya tahu lokasinya dimana jamnya berapa," pungkasnya.

Terpisah, Koordinator TIK Pusat UTBK UNY, Restu Widyatmono menambahkan, secara umum pelaksanaan UTBK hari kedua baik sesi 5 maupun 7 berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"UTBK ini mengedepankan keselamatan dan kesehatan semua pihak," ujarnya.

(rih/sip)