Round-Up

Praktik Pedagang Ludahi Bakso Bikin Waswas dan Ciri Makanan Berpenglaris

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 09:11 WIB
Sempat Viral, Pedagang Cuanki Disebut Ludahi Mangkuk di Jakbar Diklarifikasi
Pedagang bakso cuanki ludahi bakso (Foto: screenshot video)

Meski dinilai tak higienis dan cenderung menularkan penyakit, kata Jawat, ludah juga menjadi salah satu media pengobatan. Dia menyebut ludah dari tokoh atau yang disebut guru itu digosokkan ke kedua tangannya lalu diusapkan ke pasien yang sakit. Dia pun menyebut penggunaan mantra juga sudah lama dikenal di Indonesia.

"Mantra itu macam-macam. Sebelum agama masuk ke Indonesia, bangsa kita sudah punya mantra. Mereka percaya dengan hal-hal yang metafisik di luar kemampuan manusia, dan mereka meminta bantuannya melalui mantra," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, video pedagang bakso meludahi mangkuk itu sempat viral di media sosial. Dalam video, terlihat gerakan wajah pelaku mendekat ke mangkuk yang dinarasikan bahwa pelaku meludahi mangkuk pembeli.

Dosen Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Abdul Jawat NurFoto: Dosen Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Abdul Jawat Nur (dok. pribadi)

Saat dimintai klarifikasi polisi, pedagang bernama WS itu akhirnya mengakui meludahi mangkuknya. Dia mengaku mendapatkan perintah dari guru spiritualnya untuk penglaris.

"Pelaku meludahi mangkuk bakso tersebut sesuai dengan amalan/ajaran yang dipelajari pelaku dari gurunya yang bernama Joko (guru spiritual/dukun) pada saat berada di kampungnya, daerah Jawa Barat, kurang-lebih 1 minggu yang lalu," kata Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan saat dihubungi detikcom, Jumat (26/6).

Namun, belakangan penyelidikan kasus pedagang yang meludahi bakso cuanki ini disetop polisi. Polisi tidak menemukan unsur pidana terkait kejadian dan pihak korban pun tidak melapor.

Polisi pun sudah mempertemukan korban NH dengan pelaku WS. Dalam kesempatan itu WS sudah meminta maaf kepada korban.

"Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Ibu yang sudah (saya) ludahin (mangkuk baksonya)," ujar WS setelah dibebaskan polisi di Mapolsek Kembangan, Jakarta Barat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3