Gelar Aksi, Mahasiswa UNY Tuntut Keringanan 50% UKT Selama Pandemi

Kristina - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 14:51 WIB
Aksi mahasiswa UNY tuntut pemotongan UKT, 3 Juli 2020
Aksi mahasiswa UNY tuntut pemotongan UKT, Jumat (3/7/2020) (Foto: Kristina/detikcom)
Sleman -

Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa UNY Bergerak menggelar aksi. Mereka mengajukan sejumlah tuntutan, salah satunya adalah pemotongan uang kuliah tunggal (UKT) karena adanya pandemi virus Corona (COVID-19).

Aksi mahasiswa tersebut digelar di depan gerbang rektorat UNY di Jalan Colombo, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman.

"Kita ada 7 tuntutan. Salah satunya untuk pemotongan UKT dan transparansi penggunaan anggaran," kata koordinator aksi tersebut, Senja, kepada wartawan, Jumat (3/7/2020).

Senja menjelaskan ada sejumlah kebijakan kampus yang membuat mahasiswa keberatan. Mahasiswa berkali-kali mengupayakan audiensi, namun hingga saat ini pihak rektorat masih kurang membuka informasi yang transparan, terutama dalam penggunaan anggaran.

Selain itu, mahasiswa juga meminta kejelasan pembenahan pelaksanaan perkuliahan daring selama masa pandemi yang dinilai belum optimal.

"Ini jadi evaluasi bersama karena memang selama ini belum efektif sistem yang dilaksanakan UNY terkait pembelajaran daring," tegasnya.

Selain itu kampus juga belum meluluskan tuntutan pemotongan UKT selama masa pandemi COVID-19 terjadi. Dalam aksi tersebut mahasiswa UNY mendesakkan tuntutan pemotongan UKT dan SPP minimal 50 persen untuk seluruh mahasiswa dari D-3 hingga S-3.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3