Tambang Pasir di Sungai Opak, Pria Ini Temukan Amunisi hingga Patung Buddha

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 20:59 WIB
Benda-benda yang ditemukan pria di Imogiri Bantul saat menambang pasir di Sungai Opak
Foto: Benda-benda yang ditemukan pria di Imogiri, Bantul saat menambang pasir di Sungai Opak (dok. Polsek Imogiri)
Bantul -

Seorang warga asal Kecamatan Imogiri, Bantul menemukan sebutir amunisi, benda mirip bros hingga patung kepala Buddha saat menambang pasir di Sungai Opak. Dua dari ketiga benda itu kini diteliti Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kanit Reskrim Polsek Imogiri AKP Suyanto mengatakan penemuan itu dilaporkan Mardiyanto, pria asal Dusun Bendo, Desa Wukirsari, Imogiri. Benda-benda itu ditemukan selama bulan Juni 2020.

"Jadi Mardiyanto menghubungi kami baru siang tadi, dan setelah sampai sana ternyata sudah datang dari purbakala (BPCB)," kata Suyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (1/7/2020).

Suyanto menyebut Mardiyanto sehari-hari bekerja sebagai penambang pasir di Sungai Opak. Kepada polisi Mardiyanto menyampaikan tidak mengingat jelas detail penemuan masing-masing benda tersebut.

"Sehari-hari dia bekerja mencari pasir di kali Opak, untuk tanggalnya penemuan itu dia lupa. Tapi dari keterangannya ketiga benda itu ditemukan dalam tiga kali kesempatan selama bulan Juni," ucapnya.

Suyanto menjelaskan benda yang mirip bros pertama kali ditemukan Mardiyanto saat menambang pasir. Kemudian benda kedua yang ditemukan yakni sebutir amunisi.

"Pertama itu dia menemukan sebuah benda menyerupai bros tapi dari purbakala belum bisa memastikannya karena tidak ada penitinya. Jadi benda ini seperti bunga tapi ada pernik-perniknya dan terbuat dari tembaga," ujarnya.

"Kemudian yang kedua itu dia menemukan sebuah amunisi, amunisi senjata berat kaliber 9,9 jenisnya smb. Untuk amunisinya sebesar jari telunjuk dan jumlahnya satu biji," lanjut Suyanto.

Selanjutnya
Halaman
1 2