Kontak Pasien Riwayat dari Surabaya, Sekeluarga di Bantul Kena Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 13:05 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Bantul -

Sebanyak lima warga Bantul dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19 akibat transmisi lokal. Kelimanya tertular dari salah seorang anggota keluarganya yang sebelumnya sempat melakukan perjalanan dari Surabaya.

"Jadi itu (5 orang yang positif COVID-19) satu keluarga, satu rumah. Mereka ketularan (COVID-19) di sini (Bantul), jadi itu transmisi lokal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (1/7/2020).

Pria yang kerap disapa dr Oki ini menjelaskan kelima pasien itu tertular dari anggota keluarga yang pulang dari Surabaya. Menurutnya, saat ini kelima pasien tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan Corona di Bantul.

"Tepatnya paparan dari kasus 298 (untuk nomor kasus di DIY) atau 70 (untuk nomor kasus di Bantul), dia ada riwayat dari Surabaya. Jadi kasus 309 sampai kasus 313 adalah kontak erat dengan kasus sebelumnya (kasus 298/70)," ucapnya.

Dari catatan detikcom, kasus 298 adalah perempuan berusia 32 tahun, warga Bantul. Bertambahnya sekeluarga kasus positif Corona itu diumumkan pada Selasa (30/6) kemarin. Selain lima orang sekeluarga itu, ada juga dua kasus baru lainnya di DIY.

Dengan tambahan kasus baru tersebut, update Corona di Yogyakarta pada Selasa (30/6) kemarin yakni 313 positif, 263 sembuh, dan 8 meninggal dunia.

Tonton video 'Setengah Juta Kematian Akibat Covid-19, WHO: Yang Terburuk Belum Datang':

(ams/sip)