Di Sela Kunker Jokowi ke Demak, Warga Harap Fasum Terdampak Rob Diperbaiki

Mochamad Saifudin - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 20:09 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Demak, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Demak, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). (Foto: Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Para warga yang mendengar kabar tersebut mengantre di seberang jalan untuk melihat dan menyapa Jokowi.

Pantauan detikcom di lokasi, rombongan Presiden Jokowi mengunjungi salah satu perusahaan furnitur, yakni PT Saniharto Enggalharjo. Kunjungan Jokowi tersebut bersifat intern, awak media hanya bisa menunggu di luar.

Warga yang mengetahui kedatangan Jokowi mengantre di seberang jalan berharap bisa menyapa. Warga ingin menyampaikan keluhan dan meminta Jokowi memperbaiki fasilitas umum (fasum) terdampak banjir rob atau pasang air laut yang menggenangi permukiman.

"Ya, ingin menyapa, dada-dada (melambaikan tangan). Sayangnya tadi kacanya (mobil) ditutup. Harapannya ya ada perbaikan jalan, karena sudah lima tahun saya terdampak rob," kata warga Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Demak, Masmuah, di Jalan Pantura Sayung Km 12, Demak, Selasa (30/6/2020).

Sementara warga lainnya asal Desa Gemulak, Kecamatan Sayung, Susilowati, juga mengeluhkan hal yang sama. Ia mengatakan Desa Gemulak juga terdampak banjir rob tahun ini. Desa yang terletak di dekat jalan Pantura tersebut, menurutnya, terjadi banjir rob saat sore hari.

"Dulu Gemulak belum kena rob, sekarang sudah kena rob, waktu sore. Tolonglah Pak Jokowi, bagaimana caranya, kasihan kan," pinta Susi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Demak, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Demak, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). Foto: Mochamad Saifudin/detikcom

Saat kepulangan kunjungan Jokowi, tampak rombongan memberikan tas berupa sembako kepada sejumlah warga yang sebelumnya berbaris di seberang jalan. Warga melambaikan tangan dan berebut bantuan. Sementara itu, Presiden Direktur PT Saniharto Enggalharjo, Harsono Enggalharjo mengatakan, kedatangan Jokowi untuk melihat langsung produk di perusahaannya.

"Kedatangan Bapak Presiden Jokowi, beliau direkomendasi oleh Bapak (Menteri) Perindustrian yang telah datang dan mengetahui. Semuanya, baik social distancing maupun produk, semuanya, kita masih kerja, lembur dan sebagainya," jelas Harsono usai kunjungan Jokowi.

(rih/ams)