Polda DIY Optimalkan SOP Keamanan Markas, Ada Apa?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 14:59 WIB
Kadiv Humas Polda DIY, Kombes Yulianto
Kabid Humas Polda DIY, Kombes Yuliyanto, Selasa (30/6/2020). (Foto: Muchus Budi R/detikcom)
Yogyakarta -

Jelang HUT Polri atau disebut Hari Bhayangkara yang diperingati tiap 1 Juli, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengoptimalkan pengamanan di markas-markas kepolisian di daerahnya. Untuk itu, Polda DIY meminta warga agar bisa memakluminya.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto mengatakan dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 Bhayangkara kali ini, pihaknya mengoptimalkan Standard Operating Procedure (SOP) terkait pengamanan markas-markas atau kantor kepolisian di DIY.

Langkah-langkah yang akan dilakukan anggota polisi terhadap tamu yang datang ke markas maupun kantor polisi dari tingkat Polsek hingga Polda, di antaranya memeriksa isi tas bawaan pengunjung. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh tamu karena memang sedang terjadi pandemi virus Corona (COVID-19).

"Sebenarnya itu sesuai SOP pengamanan. Namun kalau akhir-akhir ini akan sedikit lebih ketat ya mohon kami dimaklumi," ujar Yuliyanto saat berkunjung ke Kantor detikcom Biro Jateng-DIY di Jalan Gayam No 5, Baciro, Yogyakarta, Selasa (30/6/2020).

Optimalisasi SOP pengamanan markas tersebut, kata Yuli, sebagai bagian dari kewaspadaan yang harus dilakukan pihaknya terutama mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang direncanakan oleh pihak-pihak yang kurang senang dengan lembaga kepolisian.

"Kewaspadaan saja, mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan yang mungkin direncanakan pihak yang kurang suka pada kinerja kepolisian. Untuk itulah maka SOP yang memang sudah ada, kami optimalkan lagi," lanjut Kombes Yuli.

(mbr/rih)