Cegah Corona, Hewan Kurban di Yogya Wajib Dilengkapi Surat Ini

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 11:29 WIB
Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, mulai dilakukan. Sapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi hewan kurban pertama yang disembelih.
Ilustrasi hewan kurban. (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

"Penyembelihan hewan kurban dioptimalkan di RPH, dan kalau di luar RPH harus dilengkapi dengan rekomendasi atau izin atau melapor ke Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan masyarakat veteriner sesuai SE Bupati setempat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Terlepas dari hal tersebut, Arofa mengaku ketersediaan stok hewan ternak untuk kurban di DIY tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu. Hal itu karena populasi sapi di DIY mencapai 300 ribu ekor, sedangkan untuk populasi kambing 400 ribu ekor dan untuk domba mencapai 140 ribu ekor.

"Ketersediaan hewan kurban yang memenuhi syarat, untuk sapi ada sekitar 71 ribu ekor, kambing ada sekitar 100 ribu ekor dan untuk domba ada sekitar 37 ribu ekor," ucapnya.

"Sedangkan tahun data pemotongan hewan kurban tahun 2019, untuk sapi ada 23.354 ekor, kambing ada 27.635 ekor, domba 27.834 ekor dan kerbau satu ekor," imbuh Arofa.

Halaman

(sip/mbr)