Kibarkan Bendera, PDIP Juga 'Merahkan' Yogyakarta

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 19:08 WIB
Bendera PDIP di sejumlah sudut Kota Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020).
Bendera PDIP di sejumlah sudut Kota Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Sejumlah titik di Kota Yogyakarta mulai dipenuhi bendera PDI Perjuangan (PDIP). Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut hal itu sebagai respons atas pembakaran bendera PDIP di Jakarta.

Pantauan detikcom di Jalan Mataram, Kota Yogyakarta tampak beberapa bendera PDIP berukuran besar terpasang di pinggir jalan. Selanjutnya, pemasangan bendera partai berlambang banteng ini juga tampak di Sosrowijayan Kulon, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Sedangkan pemasangan bendera PDIP yang cukup banyak berada di Jalan Letjen Soeprapto, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Hal yang sama juga tampak di Jalan Jagalan, Kota Yogyakarta, di mana puluhan bendera terpasang di Jalan tersebut.

Sekretaris DPD PDIP DIY, Totok Hedi Santosa mengatakan, bahwa usai rapat pada hari Kamis (25/6/2020) pihaknya meminta kader dan simpatisan untuk mengibarkan bendera PDIP. Hal tersebut sebagai bentuk jawaban PDIP terhadap kejadian di Jakarta.

"Kami meminta semua kader dan simpatisan untuk mengibarkan bendera di rumah masing-masing. Semua itu untuk menjawab satu bendera dibakar sejuta bendera berkibar," katanya kepada detikcom, Sabtu (27/6/2020).

Bendera PDIP di sejumlah sudut Kota Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020).Bendera PDIP di sejumlah sudut Kota Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Selanjutnya, pemasangan bendera sebagai bentuk simbolik kehadiran partai dalam situasi apapun. Karena DNA PDI Perjuangan tidak ada rasa takut," imbuh Totok.

Totok menyebut pengibaran bendera itu murni dari kader dan simpatisan. Menurutnya, DPD DIY tidak memberi dana kepada para kader dan simpatisan terkait kegiatan pengibaran bendera PDIP.

"Di lapangan kader-kader dengan semangat kemandirian, tanpa diberi duit oleh partai, bergerak memasang bendera di sejumlah titik untuk mengibarkan bendera (PDIP)," ucapnya.