Pilkada Solo

Elektabilitas Gibran Salip Purnomo di Survei, FX Rudy: Tunggu Rekom Saja

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 16:25 WIB
Gibran Rakabuming bertemu Achmad Purnomo di Stadion Manahan Solo
Foto: Gibran Rakabuming bertemu Achmad Purnomo di Stadion Manahan Solo (dok.ist)
Solo -

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo tak mempersoalkan hasil survei yang menunjukkan elektabilitas Gibran Rakabuming Raka menyalip Achmad Purnomo. Menurutnya, keputusan akhir tetap di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pria yang menjabat Wali Kota Solo itu juga menegaskan bahwa Purnomo ialah calon yang diusung oleh DPC PDIP Solo. Hal tersebut diyakini menjadi pertimbangan besar bagi ketua umum.

"Survei ya biar saja survei. Tidak masalah, yang penting tunggu rekomendasi saja. Kalau Pak Pur kan dicalonkan oleh DPC," kata Rudy usai meninjau pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) di Mojo, Kamis (25/6/2020).

Dalam survei yang dirilis Solo Raya Polling, elektabilitas Gibran meningkat dari 13 persen, 40 persen lalu sekarang 55 persen. Sementara Purnomo dari 38 persen, 46 persen, lalu menurun jadi 36 persen.

Kenaikan elektabilitas Gibran disebut-sebut karena keaktifannya turun ke masyarakat selama pandemi virus Corona atau COVID-19. Sementara Purnomo disebut dalam survei itu, jarang turun menemui masyarakat selama pandemi.

Rudy menegaskan bahwa Purnomo masih aktif sebagai Wakil Wali Kota Solo. Dia dan Purnomo terus bekerja menangani pandemi virus Corona melalui Pemkot Solo.

"Tetap kerja lewat pemkot, jadi nggak ngurus politik dulu, ngurus masyarakat yang terdampak," tutupnya.

Tonton video 'Bawaslu Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Kampanye Daring':

(rih/sip)