Melihat Ritual Duan Yang Umat Konghucu di Solo

Kartika Bagus - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 15:27 WIB
Ritual Duan Yang umat Khonghucu di Solo, Kamis (25/6/2020).
Ritual Duan Yang umat Konghucu di Solo, Kamis (25/6/2020). (Foto: Kartika Bagus/detikcom)
Solo -

Masyarakat Konghucu Indonesia Solo menggelar ritual Duan Yang. Ritual ini menandai masuknya musim panas di mana matahari tegak lurus dengan bumi sebagaimana yang telah dilakukan umat Ru Jiao (Konghucu) sejak zaman dulu.

Ketua Masyarakat Konghucu Indonesia Solo, Whensi Adjie Candra, mengatakan arti Duan Yang adalah saat matahari memancarkan cahaya paling keras. Karena itu persembahyangan Duan Yang dilaksanakan pada saat tengah hari antara pukul 11.00-13.00. Disebut sebagai Festival Duan Yang (Peh Cun, Bakcang) yang jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek.

"Pada saat hari Duan Yang jam demikian matahari benar-benar melambangkan curahan anugerah Tian," jelasnya, Kamis (25/6/2020).

"Cahaya matahari ialah sumber kehidupan, lambang keberkahan dan kemurahan Tian atas manusia dan segenap makhluk ciptaannya di dunia," tambah Adjie.

Warga keturunan Tionghoa di Indonesia, memperingati Hari Bakcang atau Peh Cun pada Kamis 25 Juni 2020. Peringatan ini dirayakan rutin setiap tahun pada hari kelima bulan lima penanggalan Lunar atau kalender Imlek. Namun karena adanya pandemi Corona maka tidak bisa dilaksanakan secara besar-besaran.

Ritual Duan Yang umat Khonghucu di Solo, Kamis (25/6/2020).Ritual Duan Yang umat Konghucu di Solo, Kamis (25/6/2020). Foto: Kartika Bagus/detikcom

Selanjutnya
Halaman
1 2