Gugus Tugas Cek Kesiapan New Normal di Pasar Boyolali, Apa Hasilnya?

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 15:08 WIB
Gugus Tugas bersama Forkompimda Boyolali memantau kondisi pasar tradisional, Kamis (25/6/2020).
Gugus Tugas bersama Forkompimda Boyolali memantau kondisi pasar tradisional, Kamis (25/6/2020). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Boyolali bersama jajaran Forkopimda melakukan peninjauan ke sejumlah pasar tradisional dalam rangka penerapan new normal. Ketua Gugus Tugas Boyolali yang juga Sekda Boyolali, Masruri, menyatakan new normal di wilayahnya akan diberlakukan jika masyarakat dan pedagang sudah disiplin dalam protokol kesehatan COVID-19.

"Ini kita monitor pasar dalam rangka new normal. Bagaimana kondisi penegakan disiplin untuk memakai masker. Untuk teman-teman pedagang ini sudah disiplin atau belum," kata Masruri ditemui di pasar hewan Sunggingan, Boyolali, Kamis (25/6/2020).

"Kalau sudah disiplin mungkin nanti kita pakai new normal. Tapi kalau belum disiplin masih akan kita perpanjang. Jadi tergantung disiplinnya masyarakatlah. Kalau masyarakat disiplin, nanti kita mungkin bisa new normal. Tapi kalau belum disiplin, ya kita lebih khawatir," sambungnya.

Selain pasar hewan Sunggingan, Gugus Tugas dan Forkopimda juga meninjau pasar tradisional Sunggingan dan pasar Banyudono. Menurut Masruri, dari hasil monitor sudah lumayan bagus. Sudah banyak pedagang dan pengunjung yang disiplin memakai masker.

"Alhamdulillah, orang-orang yang bertransaksi di sini sebagai besar sudah memakai masker, yang tidak memakai masker hanya sedikit. Maka saya imbau lurah pasar, kepala UPT pasar setiap waktu keliling untuk memberikan imbauan memakai masker, yang tidak membawa masker agar dikasih," jelas Masurui.

Terkait kemungkinan sulitnya penerapan physical distancing di pasar-pasar tradisional, Masruri mengatakan yang penting masyarakat pedagang dan pengunjung untuk disiplin selalu mengenakan masker. Karena pemakaian masker dinilai cukup efektif sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus Corona.

Selain itu, di sudut-sudut pasar disediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Sehingga pedagang dan pengunjung diharapkan mudah menemukan tempat cuci tangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2