Sekelompok Orang Berunjuk Rasa di Tengah Masa PKM Corona Brebes

Imam Suripto - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 18:39 WIB
Demo di Kejari Brebes, Senin (22/6/2020).
Foto: Demo di Kejari Brebes, Senin (22/6/2020). (Imam Suripto/detikcom)

"Kami sudah melayangkan surat pemberitahuan, dan kami menyarankan kepada teman-teman yang demo memakai masker," ujarnya kepada wartawan.

"PKM memang perlu diberlakukan, cuma masyarakat saat ini melihat ada momentum yang tepat untuk menyampaikan aspirasi ke kejaksaan," lanjutnya.

Kabag Ops Polres Brebes Kompol Raharja menambahkan Polres Brebes sejauh ini hanya sebatas menerima surat pemberitahuan aksi melalui Satuan Intel. Namun Polres, tidak memberikan surat balasan berupa Surat Tanda Pemberitahuan (STP).

"Kami juga telah menekankan agar menerapkan protokol kesehatan. Dalam surat pemberitahuan yang kami terima hanya audiensi bukan demo," ujarnya kepada wartawan.

Ditemui terpisah usai aksi demo, Kasi Intel Kejari Brebes Hardiansyah mengatakan tuntutan para pendemo tersebut, menurutnya salah persepsi. Sebab, Kejari Brebes selama ini tidak pernah mengeluarkan rekomendasi lelang ulang terhadap kegiatan pembangunan di Dinas Kesehatan.

"Itu salah persepsi, karena kami tidak pernah memberikan rekomendasi yang dimaksud. Namun kami mengapresiasi terhadap masukan ini," ujar Herdiansyah.

Diwawancara terpisah, Kepala Satpol PP Brebes Supriyadi mengaku tidak mengetahui akan ada demo pada hari ini. Yang dia ketahui, massa hanya akan melakukan audiensi atau dialog.

"Informasi yang kami terima hanya audiensi atau dialog. Bukan aksi demo. Makanya kami tidak menerjunkan personel untuk pengamanan. Tadi kami justru fokus operasi masker di Kecamatan Jatibarang," kata Supriyadi saat dihubungi wartawan.

Sementara, Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Djoko Gunawan mengatakan hal yang sama. Dia mengaku tidak mengetahui soal aksi demo siang ini di Kejari Brebes.

"Setahu kami tidak ada demo. Mereka hanya akan audiensi saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Halaman

(sip/rih)