Ribuan Fosil Koleksi Warga Sragen Sedot Perhatian Peneliti Luar Negeri

Andika Tarmy - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 18:24 WIB
Sudarsono bersama ribuan koleksi fosil purba di rumahnya di Dukuh Ngadirojo, Desa Sambungmacan, Sragen, Selasa (16/6/2020).
Warga Sragen, Sudarsono (62) mengoleksi ribuan fosil di rumahnya, Selasa (16/6/2020). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Seorang warga Dukuh Ngadirojo, Desa Sambungmacan, Sragen, Sudarsono (62) mengoleksi ribuan fosil di rumahnya. Ribuan fosil koleksi Sudarsono ini bahkan menarik perhatian peneliti dari luar negeri.

"Dulu fosil saya taruh di kebun, lalu kok banyak tamu yang datang untuk cari gitu-gitu (fosil). Lalu saya masukkan di rumah, saya buatkan rak. Kebanyakan tamu justru orang-orang pintar dari luar negeri," ujar Sudarsono kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Para tamu yang datang untuk melihat koleksi fosil Sudarsono, mayoritas merupakan peneliti dan arkeolog. Berdasarkan catatan di buku tamu milik Sudarsono, beberapa peneliti yang datang di antaranya Dr Donald E Tyller dari Universitas Idaho AS, Dr Gert D Van Den Bergh dari Universitas Utrecht Belanda, Dr Philip V Tobias dari Universitas Witwatesrand Afrika Selatan dan Dr Hisao Baba dari National Museum of Nature and Science Tokyo Jepang.

"Banyak yang tertarik jadi saya semakin semangat mencari fosil. Nggak terasa jumlahnya sudah lebih dari empat ribuan," ujar Sudarsono.

Sudarsono menuturkan, dari para pakar inilah dirinya mendapatkan pengetahuan tentang fosil. Sudarsono yang dulunya awam, jadi makin paham tentang seluk-beluk penggalian fosil.

"Saya belajar dari beliau-beliau itu. Jadi paham tentang fosil. Termasuk jenis-jenis lapisan tanah mana yang terindikasi ada banyak fosil," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2