Koleksi Ribuan Fosil Selama 45 Tahun, Pria Sragen Ini Sempat Dikira Gila

Andika Tarmy - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 17:05 WIB
Seorang warga Dukuh Ngadirojo, Desa Sambungmacan, Sragen, Sudarsono (62) mengoleksi ribuan fosil di rumahnya. Di antara koleksi fosil tersebut ada yang ditawar kolektor hingga puluhan juta rupiah. Namun Sudarsono bergeming dan memilih menyimpannya sendiri dengan alasan menjaga kelestarian.
Sudarsono mengoleksi ribuan fosil di rumahnya di Sragen, Selasa (16/6/2020). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Seorang warga Dukuh Ngadirojo, Desa Sambungmacan, Sragen, Sudarsono (62) mengoleksi ribuan fosil di rumahnya. Hobi yang ditekuninya sejak 45 tahun silam ini bahkan sempat membuatnya dicibir oleh tetangga.

"Ya saya dikira gila. Karena ngumpulin gituan (fosil). Dulu kan banyak yang belum paham," ujar Sudarsono ditemui detikcom di rumahnya, Selasa (16/6/2020).

Selain itu, lanjutnya, menggali dan membawa tulang belulang ke rumah saat itu dianggap tak lazim. Banyak warga yang takut barang tersebut mengandung mistis.

"Saya punya agama untuk pegangan, kenapa khawatir. Toh hingga sekarang tidak ada kejadian apa-apa," ujarnya.

Sudarsono mengoleksi ribuan fosil di rumahnya di Sragen, Selasa (16/6/2020).Sudarsono mengoleksi ribuan fosil di rumahnya di Sragen, Selasa (16/6/2020). Foto: Andika Tarmy/detikcom

Sudarsono pun tetap melanjutkan kegemarannya berburu fosil. Meski saat itu, dirinya mengaku tak mengetahui secara jelas nilai fosil yang ditemukannya.

"Awalnya saya kumpulkan saja, siapa tahu nanti berguna. Dulu saya taruh di kebun, lalu kok banyak tamu yang datang untuk cari gitu-gitu (fosil). Lalu saya masukkan di rumah, saya buatkan rak," paparnya.

"Nggak terasa jumlahnya sudah lebih dari empat ribuan," tukas Sudarsono.

Selanjutnya
Halaman
1 2