Warga Sebut Pohon yang Viral Gegara Mirip Ayam di Yogya Terbentuk Alami

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 13:03 WIB
Pohon berbentuk seperti ayam raksasa yang viral di Yogyakarta, Rabu (17/6/2020).
Foto: Pohon berbentuk seperti ayam raksasa yang viral di Yogyakarta, Rabu (17/6/2020). (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Yogyakarta -

Sebatang pohon di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta viral dan ramai dibahas di media sosial karena bentuknya seperti ayam. Warga sekitar menyebut pohon itu terbentuk secara alami sehingga penampakannya mirip bentuk ayam.

"Itu bentuknya alami, walaupun sekitar Bulan Januari 2020 itu ada petugas yang memotong dahan pohon paling atas. Dulu bentuknya belum seperti ayam, saya melihatnya seperti gunung tak berbentuk. Kalau dulu ada tiga tapi sekarang tinggal satu," kata salah seorang warga Klitren, Wage (52) saat ditemui di lokasi, Rabu (17/6/2020).

Selain menyerupai ayam, menurutnya pada waktu-waktu tertentu pohon itu juga menyerupai burung unta.

"Itu kalau pagi atau sore jika dilihat dari timur yang sisi utara seperti burung unta, kalau yang selatan itu ya seperti ayam," ucapnya.

Seorang warga lainnya, Hesti Trininiwati (40) juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya, bentuk itu bukan dibuat oleh manusia atau hasil pangkasan petugas.

"Mereka (petugas) biasa, jika ada dahan yang menjuntai ke tengah jalan, ya dipotong. Terus menyiram pohon secara rutin. Jadi memang terbentuk alami," bebernya.

Pantauan detikcom di lokasi siang ini, pohon itu bentuknya seperti ayam jika dilihat dari sisi timur. Batang pohon tidak benar-benar lurus menyerupai kaki ayam. Sementara itu, bentuk ayam nampak dari formasi daun dan dahan. Citra ayam pun sangat nampak mulai dari bentuk kepala, kemudian bentuk daun yang menyerupai sayap ayam.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2