Embun Es Kembali Muncul di Dieng, Begini Penjelasan BMKG

Uje Hartono - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 17:53 WIB
Embun es di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Jumat (12/6/2020).
Embun es di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Jumat (12/6/2020). (Foto: dok Hasta, warga Dieng)
Banjarnegara -

Fenomena alam kembali terjadi di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Hari ini kompleks Candi Arjuna diselimuti embun es. Lalu apa analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)?

Kepala Stasiun Geofisikia BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan embun upas adalah fenomena yang terjadi di wilayah dataran tinggi Dieng dengan topografi pegunungan di atas 2.000 meter dari permukaan laut. Embun es biasanya terjadi antara Bulan Mei sampai Agustus saat musim kemarau.

"Sekarang di wilayah Jawa Tengah sebagian sudah masuk musim kemarau. Ini ditandai dengan menguatnya angin timuran. Hal ini mengakibatkan sedikitnya uap air yang terbentuk meskipun hanya sedikit yang berkurang dari kondisi normal," kata Setyoajie saat dihubungi detikcom, Jumat (12/6/2020).

Ia juga menjelaskan, berdasarkan citra satelit himawari-8 pada kanal water vapour, Jumat (12/6/2020) pukul 14.00 WIB terlihat intrusi kering dari Australia kuat di wilayah Jawa Tengah. Hal ini mengakibatkan berkurangnya uap air dan membuat pembentukan awan berkurang hingga tidak terbentuk awan.

Hasil analisis Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jumat (12/6/2020).Hasil analisis Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jumat (12/6/2020). Foto: BMKG

"Dengan tidak terbentuk awan, outgoing solar radiation dari gelombang panjang permukaan bumi menjadi tinggi. Selain itu outgoing solar radiation yang tinggi juga menyebabkan suhu udara turun drastis sehingga pada dini hari suhu dapat mencapai di bawah titik beku," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, fenomena embun es kembali terjadi di dataran tinggi Dieng, Jumat (12/6/2020). Suhu di kompleks Candi Arjuna turun hingga minus 2 derajat celsius.

"Iya betul muncul embun es di kompleks Candi Arjuna. Tadi pagi saya terima laporan dari karyawan UPT pengelolaan objek wisata Dieng kalau turun embun es. Dia juga mengirim foto embun esnya," kata Kepala UPT Pengelolaan Objek Wisata Dieng, Banjarnegara, Aryadi Darwanto, Jumat (12/6).

Sementara itu, salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Hasta Priyandono sempat mengabadikan area Candi Arjuna yang membeku, Jumat (12/6) pagi. Daun, rumput serta plastik terlihat memutih akibat embun yang membeku.

Selanjutnya
Halaman
1 2