Dampak Penutupan, Monyet Taman Balekambang Solo Kelaparan 'Serbu' Permukiman

Kartika Bagus - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 09:32 WIB
Monyet Taman Balekambang Solo kelaparan cari makan
Monyet Taman Balekambang Solo kelaparan cari makan. (Foto: Kartika Bagus/detikcom)
Solo -

Sejak Taman Balekambang Solo ditutup untuk kunjungan akibat pandemi Corona, kawanan monyet penghuni hutan kota tersebut bermunculan. Karena tidak ada pengunjung yang datang yang memberi makan, kawanan monyet tersebut kelaparan. Mereka masuk-masuk ke permukiman warga sekitar taman untuk mencari makanan.

Seorang warga Kampung Tirtoyoso, Manahan, Solo, Bambang (56) mengaku dirinya mengetahui belasan monyet tersebut berkeliaran di permukiman.

"Berkeliaran memasuki kawasan (permukiman) warga, namun akhir-akhir ini intensitasnya cukup sering. Bahkan sampai naik genteng rumah warga," ujar Bambang, Rabu (11/6/2020).

Namun menurut Bambang, warga Tirtoyoso tak terlalu merisaukan keberadaan monyet yang berdatangan itu. Bahkan tak sedikit warga yang merasa kasihan dan memberi makan monyet yang kelaparan.

"Asal tidak menganggu, warna sini tidak merasa terganggu. Warga yang merasa iba memberi makan, seperti pisang, tomat, jambu" lanjutnya.

Ia memaklumi keberadaan monyet yang berkeliaran mencari makam itu, karena sejak Kota Solo memberlakukan status KLB Corona, Taman Balekambang ditutup untuk kunjungan. "Biasanya kan pengunjung itu yang memberi makan," ungkap dia.