Black Box Helikopter Jatuh di Kendal Sudah Diamankan

Jauh Hari Wawan S, Saktyo Dimas R - detikNews
Minggu, 07 Jun 2020 12:58 WIB
Petugas mengambil black box helikopter TNI AD yang jatuh di Kendal
Foto: Petugas mengambil black box helikopter TNI AD yang jatuh di Kendal (Saktyo Dimas R/detikcom)
Sleman -

TNI AD masih menginvestigasi penyebab jatuhnya helikopter MI-17 yang jatuh di Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah, kemarin. Black box helikopter itu juga sudah diamankan.

"Penyebab masih kita investigasi belum bisa diberikan. Kalau secara keseluruhan kemarin sudah ada press release dari Kadispenad kita belum ada update terbaru karena baru kejadian kemarin," kata Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso saat ditemui seusai pemakaman almarhum Kapten Cpn Fredy Vebriyanto Nugroho di TPU Kolombo, Minggu (7/6/2020).

Teguh menyebut salah satu bagian black box yakni voice cockpit recorder (VCR) sudah diambil. Materi itu bakal menjadi bahan investigasi penyebab jatuhnya helikopter berpenumpang sembilan orang itu.

"VCR sudah kita ambil. Itu yang salah satu akan kita baca untuk investigasi," terangnya.

Teguh pun tak menutup kemungkinan bakal mengundang teknisi dari Rusia untuk memeriksa VCR tersebut.

"Nanti kalau di sini kita belum punya alatnya. Ada heli yang overhaul kita akan minta teknisi dari sana (Rusia) sekaligus membawa alat itu (VCR)," jelasnya.

Dia memastikan pengecekan helikopter TNI AD dilakukan rutin. Dia menyebut sebelum terbang, helikopter dengan nomor registrasi HA 5141 itu juga sudah dicek.

"Ada pemeriksaan harian kemudian pengecekan sebelum penerbangan. Endurance pertama tidak masalah kemudian dilakukan endurance kedua (baru kejadian jatuh)," terang Teguh.

Dari pantauan detikcom, black box itu diamankan petugas dari TKP di Kecamatan Kaliwungu, Kendal, pada Sabtu (6/6) sekitar pukul 17.00 WIB. Petugas sempat mencari black box itu dari bangkai helikopter yang dipotong.

Saksi Mata Jatuhnya Helikopter di Kendal: 6 Orang Selamat:

Selanjutnya
Halaman
1 2