Pemerintah Tak Berangkatkan Haji Tahun Ini, Muhammadiyah: Langkah Tepat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 14:02 WIB
Abdul Muti (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Yogyakarta -

Keputusan Pemerintah untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun 2020 mendapat tanggapan dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Muhammadiyah menilai pembatalan itu adalah langkah yang tepat di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Keputusan Pemerintah tentang pembatalan haji 1441 H merupakan langkah yang tepat dan tepat waktu," kata Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (2/6/2020).

Apalagi, lanjut Abdul Mu'ti, secara syariah keputusan tersebut tidak melanggar karena di antara syarat haji selain mampu secara ekonomi, kesehatan, mental, dan agama, juga aman selama perjalanan. Selain tidak melanggar syariah, dia menilai keputusan tersebut tidak menyalahi undang-undang.

"Secara undang-undang juga tidak melanggar. Dengan belum adanya keputusan Pemerintah Arab Saudi mengenai haji, sangat sulit bagi Pemerintah Indonesia untuk dapat menyelenggarakan ibadah haji tahun ini," ucap Abdul Mu'ti.

Terlepas dari hal tersebut, Abdul Mu'ti menyebut ada tiga konsekuensi dari munculnya keputusan tersebut. Menurutnya, Pemerintah harus memberi solusi terkait keputusan tersebut.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2