FH UII: Rumah Narasumber Diskusi Didatangi-Digedor Orang Tak Dikenal

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 08:58 WIB
Diskusi Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan oleeh CLS Yogya
Poster diskusi yang digelar mahasiswa FH UGM. (Foto: Istimewa)
Yogyakarta -

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Prof Ni'matul Huda, mendapat intimidasi dari orang tak dikenal. Ni'matul merupakan narasumber diskusi Constitutional Law Society (CLS) atau Komunitas Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) yang akhirnya dibatalkan kemarin.

"Bentuknya Kamis malam kurang lebih pukul 23.00 WIB digedor pintu dan bel rumahnya. Jumat pagi datang lagi dan dilanjutkan beberapa orang mondar-mandir di depan rumah beliau. Prof Ni'ma tidak kenal orang tersebut dan tidak tahu itu siapa," kata Dekan Fakultas Hukum UII Abdul Jamil dihubungi wartawan, Jumat (29/5/2020) malam.

Kejadian itu diketahui terjadi sejak Kamis (28/5) malam, hingga Jumat (29/5) dini hari. Jamil menceritakan, pada Jumat sekitar waktu subuh, Ni'ma menghubunginya dan mengaku merasa terancam dengan kedatangan sejumlah orang tak dikenal ke rumahnya. Jamil kemudian menyarankan Ni'ma untuk tidak membuka pintu dan pergi ke mana pun.

"Kalau orang kampung tidak mungkin. Dilihat ada beberapa orang laki-laki. Memang dia (Ni'ma) sampai pukul 04.00 WIB minta pendapat saya, dan saya bilang nggak usah dibuka karena Bu Ni'ma nggak kenal dan siapa dia kan juga nggak dikenal. Malam itu (yang datang ke rumah Ni'ma) 5 orang," bebernya.

Setelah kejadian itu, ponsel Ni'ma diminta untuk dimatikan. Kemudian beberapa rekan dosen dan mahasiswa ke rumah Ni'ma untuk berjaga-jaga hingga pukul 20.00 WIB.

Selanjutnya
Halaman
1 2