Ini Dia Desain Masjid Agung Jateng di Magelang yang Disayembarakan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 21:55 WIB
Pememang sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang, Jumat (29/5/2020).
Pememang sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang, Jumat (29/5/2020). (Foto: Istimewa)
Semarang -

Arsitek asal Bandung berhasil memenangkan sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang. Atap berbentuk Tajug menjadi salah satu faktor desain karya arsitek bernama Ade Yuridianto itu menjadi jawara.

"Masing-masing finalis memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi penilaian tetap mengacu pada indikator tata bangunan Islami, tata ruang Islami, inovasi bentuk, respect terhadap green architecture, kewajaran konstruksi dan interior Islami," kata ketua tim juri sayembara MAJT Magelang, Prof Totok Roesmanto seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (29/5/2020).

Totok menjelaskan cukup alot untuk menentukan pemenang sejak menentukan 6 besar, 3 besar hingga juara 1,2, dan 3. Salah satu hal menarik dari desain Ade menurut tim juri adalah bentuk atap Tajug yang melengkung ke belakang.

"Menurut kami, itu inovasi bentuk atap Masjid Jawa. Bentuk itu mengembangkan bangunan dasar peribadatan di Jawa beratap Tajug. Kalau biasanya lincip ke atas, desain itu baru karena ditarik ke belakang dan puncaknya agak ke belakang. Ini hal baru dalam bentuk tempat peribadatan di Jawa, namun orang melihat sekilas saja sudah tahu kalau itu masjid," jelas guru besar arsitek Undip Semarang itu.

Jika nantinya desain itu diaplikasikan dalam bentuk bangunan, lanjut Totok, diperlukan perbaikan-perbaikan. Apalagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan agar bangunan MAJT Magelang tidak asal-asalan.

"Pesan Pak Ganjar kan bangunannya harus benar-benar indah dan kokoh, tidak asal-asalan. Tentunya nanti ada modifikasi agar betul-betul bagus dan berkualitas," katanya.

Sementara itu Ade mengaku terkejut menjadi pemenang. Ia sebenarnya ingin sekali ke Semarang untuk bisa menjelaskan lebih detail soal desainnya, namun kondisi saat ini belum memungkinkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2