Seorang Warga dari Jakarta Positif Corona, 1 Wilayah di Banyumas Diisolasi

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 20:26 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Banyumas -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas memutuskan untuk melakukan pembatasan sosial sangat ketat atau isolasi di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Ini dilakukan setelah ada seorang warga di desa itu dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19 usai dari Jakarta.

"Ini perlu saya umumkan karena kita akan melakukan pembatasan sosial sangat ketat di RT 2/RW 2 Sokawera, karena ada kemungkinan besar akan menjadi klaster baru. Karena hasil rapid test ini sudah merambah di sekitarnya," kata Bupati Banyumas, Achmad Husein dalam keterangan persnya kepada wartawan di Banyumas, Jumat (29/5/2020).

Husein memerinci pasien positif Corona yang baru kembali dari Jakarta itu berjenis kelamin perempuan berusia 26 tahun. Dia mengatakan isolasi desa ini dilakukan mulai hari ini.

"Mulai hari ini, itu kita istilahnya pembatasan sosial sangat ketat di satu RT atau RW tergantung nanti kondisi di lapangan nantinya," ujarnya.

Tak hanya di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, pihaknya juga berencana menerapkan pembatasan sosial sangat ketat di RT 1 RW 3 di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang. Hal ini dilakukan setelah salah satu warganya berjenis kelamin perempuan berusia 71 tahun terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kemungkinan besar tertular dari anaknya yang pulang dari Jakarta, dan satu keluarga di-rapid test semuanya reaktif," jelasnya.

"Sedangkan yang dua saya umumkan itu sudah positif swab, sehingga kita akan rapid test di lingkungan setempat," sambung Husein.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2