Mundur dari Pilkada Solo, Ini Alasan Purnomo Tutup Pintu Buat Parpol Lain

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 16:00 WIB
Achmad Purnomo, bakal cawalkot yang diusung DPC PDIP Solo, Rabu (30/10/2019).
Achmad Purnomo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Setelah menyerahkan surat pengunduran diri dari Pilkada ke DPC PDIP Solo, Bakal Calon Walkot Achmad Purnomo mengaku tak membuka pintu untuk partai lain. Apa alasan Purnomo?

"Saya mau mundur ini (dari Pilkada Solo) bukan karena alasan politis tapi karena alasan hati yang tidak sampai. Semata-mata tidak ada alasan lain, jadi tidak mungkin ke arah situ (pindah partai lain)," ujar Purnomo di ruang kerja Wakil Wali Kota Solo, Jumat (29/5/2020).

Dia menegaskan sebagai kader partai, Purnomo hanya akan maju Pilkada melalui PDIP.

"Saya nggak bersedia (maju lewat partai lain). Saya hanya melalui PDI Perjuangan," tuturnya.

Surat pengunduran diri dari Pilkada Solo sudah diserahkan oleh Purnomo ke Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo kemarin pagi. Purnomo mengaku berharap permohonannya mundur dari Pilkada bisa dikabulkan oleh partai.

"Tapi kalau tidak, saya sebagai kader harus taat, nanti ditugasi apa belum tahu," katanya.

Diwawancara sebelumnya FX Rudy mengaku belum memproses surat pengunduran diri Purnomo itu. Rudy beralasan masih menunggu surat dari KPU terkait jadwal pelaksanaan pilkada.

"Sudah (dapat surat), tapi kan belum saya bahas. Nunggu surat dari KPU. Kan nanti dari KPU (tentang pelaksanaan Pilkada 9 Desember) ada surat pemberitahuan ke partai," ujar Rudy, Kamis (28/5).

(sip/ams)