Masjid Agung Kauman Semarang Kembali Gelar Salat Jumat

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 14:43 WIB
Suasana salat Jumat di Masjid Agung Kauman Semarang, Jumat (29/5/2020).
Suasana salat Jumat di Masjid Agung Kauman Semarang, Jumat (29/5/2020). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Masjid Agung Kauman Semarang kembali menggelar salat Jumat hari ini. Protokol kesehatan diterapkan ketat dan jemaah selalu diingatkan memakai masker.

Pantauan detikcom, Jumat (29/5/2020) siang ini, dari gerbang masuk Masjid Agung Semarang sudah ada petugas yang memindai jemaah dengan thermo gun. Kemudian petugas juga memberi tas kresek untuk wadah alas kaki jemaah yang kemudian harus dibawa masuk dan dilarang ditinggal di luar.

Kemudian setelah wudu, jemaah diarahkan ke pintu masuk masjid yang dibuka satu per satu mulai dari yang paling depan. Sebelum masuk, jemaah diminta memakai hand sanitizer yang sudah disediakan.

Di dalam masjid, terlihat tanda silang di lantai setiap saf sebagai penanda agar ada jarak di antara jemaah. Selain itu setiap dua saf diberi beri jeda sehingga antara jemaah di depan dengan belakangnya berjarak satu saf.

Suasana salat Jumat di Masjid Agung Kauman Semarang, Jumat (29/5/2020).Suasana salat Jumat di Masjid Agung Kauman Semarang, Jumat (29/5/2020). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Tampak ada takmir masjid yang bertugas berkeliling dan memantaujemaah. Ketika melihat ada jemaah yang tidak mengenakan masker, petugas akan memberi atau memintanya ke kantor kesekretariatan untuk mengambil masker gratis.

Salat Jumat berjalan seperti biasanya hingga akhir. Setelah selesai, jemaah langsung keluar dan tidak terjadi penumpukan di pintu seperti biasanya karena alas kaki sudah mereka bawa sendiri-sendiri.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2