Gegara Corona, Tradisi Sewu Kupat di Kudus Tahun Ini Ditiadakan

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 14:35 WIB
Pengumuman tradisi Sewu Kupat dan Bulusan di Kudus tahun ini ditiadakan, Selasa (26/5/2020).
Pengumuman tradisi Sewu Kupat dan Bulusan di Kudus tahun ini ditiadakan, Selasa (26/5/2020). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Sejumlah tradisi rutin yang biasanya berlangsung sepekan usai hari raya Idul Fitri atau tepatnya 7 Syawal di Kabupaten Kudus tahun ini ditiadakan. Peniadaan tradisi ini karena dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Karena memang situasi pandemi Corona belum menurun dan itu juga keputusan pemerintah Kabupaten Kudus sebelum puasa. Kemudian terkait tradisi dandangan (menyambut datangnya bulan puasa), tradisi budaya parade Sewu Kupat dan lainnya itu tidak dilaksanakan tahun ini," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Mutrikah, saat ditemui detikcom di kantornya, Selasa (26/5/2020).

Ia mengatakan ada beberapa tradisi rutin di Kudus yang tahun ini ditiadakan. Tradisi itu seperti parade Sewu Kupat di Colo, tradisi Bulusan di Desa Hadipolo, dan tradisi Praon di Desa Kesambi dan Temulus.

"Jadi di desa-desa yang ada beberapa desa wisata dan objek wisata biasanya mengadakan tradisi kupatan. Masing-masing tradisi mengaktualisasikan sesuai dengan karakteristik masing-masing desa," jelasnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2