Abu Bakar Ba'asyir Dapat Remisi, Keluarga Ingin Rawat di Rumah

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 22:45 WIB
Yusril Ihza Mahendra mengunjungi Abu Bakar Baasyir di LP Gunung Sindur, Bogor. Ia mengabarkan bahwa Jokowi telah setuju untuk membebaskan Abu Bakar Baasyir.
Abu Bakar Ba'asyir. (Foto: Antara Foto/Yulius Satria Wijaya)
Solo -

Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir memperoleh remisi atau pengurangan 1,5 bulan dari masa tahanannya. Pihak keluarga berharap pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki itu bisa segera dibebaskan dari penjara.

Putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim, mengatakan kondisi kesehatan ayahnya sedang sehat. Namun pihaknya tetap berharap agar Ba'asyir bisa mendapat keringanan sehingga bisa menjalani sisa masa tahanan di rumah.

"Kondisi beliau sehat, tapi sehatnya orang tua yang sedang dipenjara. Tapi melihat kondisinya seperti itu beliau seharusnya dibebaskan. Bahasa lainnya dirumahkan, tahanan rumah, atau apapun istilahnya," kata Iim, sapaannya saat dihubungi wartawan, Senin (25/5/2020).

Dia mengapresiasi penanganan medis yang sudah dilakukan di lembaga pemasyarakatan (LP). Namun dia meyakini penanganan kesehatan ayahnya akan lebih maksimal dilakukan di rumah.

"Kami tidak menafikan pihak penjara berusaha semaksimal mungkin. Tapi fasilitas terbatas dan juga batas-batas wewenang pada mereka juga menjadikan proses perawatan tidak maksimal. Akan lebih maksimal kalau dilakukan di rumah," ujar dia.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2