Prakiraan Ombak Tinggi, Puluhan Kapal Nelayan Pantai Baron Dievakuasi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 17:15 WIB
Para nelayan di Pantai Baron, Gunungkidul saat menaikkan kapal ke daratan, Senin (25/5/2020).
Nelayan di Pantai Baron, Gunungkidul menaikkan kapal ke daratan, Senin (25/5/2020). (Foto: Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)
Gunungkidul -

Puluhan kapal nelayan di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul dievakuasi ke daratan. Hal tersebut menyusul prakiraan dalam beberapa hari ke depan bakal terjadi gelombang tinggi.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan bahwa berdasarkan laporan BMKG dan juga situs pengamatan cuaca yang digunakan tim SAR akan terjadi perubahan cuaca dalam beberapa hari ke depan. Karena itu, pihaknya mengimbau kepada para nelayan untuk menaikkan kapal ke daratan.

"Dari informasi, untuk gelombang tinggi tertinggi akan terjadi tanggal 27 Mei dan 29 Mei. Ketinggian gelombang diprediksi 4 meter," kata Marjono saat dihubungi wartawan, Senin (25/5/2020).

Terlebih, ketinggian gelombang itu berbahaya bagi nelayan. Selain itu, karena saat ini sedang tidak ada wisatawan di kawasan pantai maka pihaknya bersama para nelayan berinisiatif untuk menaikkan kapal ke daratan.

Dihubungi terpisah, Ketua Kelompok Nelayan Pantai Baron, Sumardi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sejak adanya informasi prediksi gelombang tinggi akan menghantam wilayah pantai selatan, dia dan rekan-rekannya langsung melakukan evakuasi kapal.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2