Buntut Heboh Banyak Balon Udara di Langit, Airnav Terbitkan Notam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 20:37 WIB
Penampakan benda misterius di langit Solo siang ini
Foto: Penampakan benda misterius di langit Solo siang ini (dok.Istimewa)
Solo -

Airnav Indonesia akhirnya menerbitkan peringatan atau notice to airmen (Notam) terkait kemunculan benda misterius di langit yang ternyata balon udara. Pesawat diminta berhati-hati saat melintas di beberapa kawasan di Jawa Tengah.

"Tadi siang setelah ramai ada sesuatu di langit Solo, kita keluarkan Notam agar pilot juga berhati-hati saat melintas di Pekalongan dan Wonosobo," kata General Manager Airnav Indonesia cabang Solo, Dheny Purbo Hariyanto saat dihubungi detikcom, Minggu (24/5/2020).

Dia mengaku tidak dapat mengecek secara langsung benda apa yang terbang di langit Solo. Namun berdasarkan laporan masyarakat, diduga benda itu adalah balon udara.

"Soalnya kebetulan ini sedang tidak ada pesawat yang terbang, jadi tidak ada laporan ke kami. Daripada ambil risiko, kita keluarkan Notam saja," ujarnya.

Setelah benda misterius itu terjatuh di Sragen dan Gunungkidul baru diketahui benda itu merupakan balon terbuat dari plastik. Airnav pun mengingatkan agar masyarakat tidak menerbangkan balon udara.

"Kalau memang balon udara, pasti itu sangat mengganggu penerbangan. Untung hari ini tidak ada penerbangan," tuturnya.

Heboh Benda Misterius di Langit Solo, Ternyata Balon Udara:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2