Lapas Cebongan Hanya Buka Kunjungan Lebaran Online, Bagaimana Caranya?

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 14:26 WIB
Komputer yang digunakan untuk kunjungan online di Lapas Cebongan
Komputer untuk pelayanan kunjungan online di Lapas Cebongan. (Foto: Dok Lapas Cebongan)
Sleman -

Suasana Lebaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sleman atau Lapas Cebongan akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, keluarga warga binaan yang ingin membesuk tidak diperkenankan untuk bertatap muka secara langsung. Hal itu guna mencegah penyebaran virus Corona di dalam lapas.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Cebongan Erik Murdianto mengatakan pihaknya hanya membuka kunjungan online via video call. Keluarga warga binaan hanya diperkenankan bertatap muka melalui perangkat komputer yang disediakan lapas.

"Lebaran nanti kami tidak melayani besukan. Sebagai gantinya yakni kunjungan online dengan video call," kata Erik saat dihubungi wartawan, Sabtu (23/5/2020).

Erik menyampikan pihaknya telah menyiapkan lima perangkat komputer. Teknisnya, keluarga yang akan membesuk akan melakukan panggilan via whatsapp web.

"Lima komputer susah kami siapkan nanti kalau ada yang membesuk akan kami sambungkan dengan video call melalui whatsap web," terangnya.

Erik pun tidak ingin mengambil risiko dan meminta kepada keluarga yang membesuk agar tidak membawa makanan untuk warga binaan.

"Memang untuk paket maknan bagi warga binaan tidak kami terima. Karena dalam kondisi pandemi virus Corona ini sangat berisiko," bebernya.

Pada Lebaran tahun ini, pihaknya juga turut memberikan remisi untuk satu orang warga binaan. Selain itu ada satu lagi warga binaan yang mendapatkan program asimilasi.

"Tahun ini ada satu orang yang mendapatkan remisi dan satu lagi mendapatkan integrasi pembebasan bersyarat. Keduanya akan pulang pada Minggu (24/5)," tutupnya.

(mbr/mbr)