Jelang Lebaran, 164 Pemudik Masih Jalani Karantina di GOR Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 16:07 WIB
Ratusan pemudik menjalani karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jumat (22/5/2020).
Ratusan pemudik menjalani karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jumat (22/5/2020). (Foto: Istimewa)
Banyumas -

Sebanyak 164 pemudik yang merupakan warga Kabupaten Banyumas saat ini menjalani proses karantina di kompleks GOR Satria, Purwokerto. Mereka masih harus menjalani karantina pandemi virus Corona (COVID-19) hingga Lebaran tiba.

Namun demikian, Pemkab Banyumas tetap memberi kesempatan kepada mereka untuk takbiran dan bertemu dengan keluarga. Dengan syarat tetap jaga jarak dan berbatas terali besi seperti kondisi saat ini apabila ada keluarga yang menjenguk di lokasi karantina.

Bupati Banyumas Achmad Husein saat menjenguk para pemudik yang dikarantina meminta agar mereka tetap berbahagia.

"Terima kasih kepada anak-anakku semua, saudara-saudaraku semua yang sudah mau hadir di GOR. Jangan bilang karantinalah mbok nelangsa, di madarasah GOR atau hotel GOR saja. Karena yang di sini semua mempunyai tujuan mulia, selain memutus mata rantai COVID-19, nantinya masyarakat juga akan menerima karena sudah mengalami screening kesehatan," kata Husein dalam pesan tertulisnya, Jumat (22/5/2020).

Meski akan memasuki hari raya Idul Fitri, ratusan pemudik ini dipastikan masih berada di GOR Satria mengingat proses karantina belum selesai. Husein mengatakan saat ini di mana-mana sama, Lebaran tahun ini memang tidak seperti biasanya, tidak ada takbir keliling, kerumunan massa juga dihindari, terlebih berkunjung ke rumah sanak-saudara.

"Maka biar suasana tetap terasa Lebaran, nanti kita makan opor bersama," Jelasnya.

Ketua Harian BPBD Banyumas Titik Puji Astuti menambahkan saat ini masih ada 164 orang pemudik yang dikarantina. Secara perorangan maupun kelompok, pemudik masih terus berdatangan ke GOR. Oleh Dinas Kesehatan, semua peserta karantina yang baru masuk didata, dicek kesehatannya dan diberi gelang tanda orang dalam pemantauan (ODP).

Selanjutnya
Halaman
1 2