Kangennya Belanja Baju Lebaran di Pasar Klewer Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 13:59 WIB
Salah satu sudut Pasar Klewer Solo
Foto: Salah satu sudut Pasar Klewer Solo (Bayu Ardi/detikcom)
Solo -

Sudah menjadi tradisi masyarakat kita berbelanja pakaian baru menjelang Lebaran. Pasar Klewer di Solo merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi pembeli.

Pasar Klewer merupakan salah satu pasar tekstil terbesar di Indonesia dan menjadi pusat kulakan para pedagang. Perputaran uang di pasar yang terletak di Jalan Radjiman, Solo itu bahkan mencapai belasan miliar rupiah per hari.

Pasar ini memang tak pernah sepi pembeli. Namun karena dampak pandemi virus Corona atau COVID-19, Pasar Klewer menjadi sepi.

Hari-hari menjelang Lebaran di Pasar Klewer juga tak seramai tahun-tahun sebelumnya. Seusai Lebaran pun diprediksi tak ada wisatawan yang berbelanja di Pasar Klewer karena pemerintah telah melarang mudik.

Akses-akses keluar masuk wilayah pun telah diperketat. Jadi, buat kalian yang kangen Solo tapi tak bisa mudik, detikcom mengajak kalian ikut mudik virtual. Mudik virtual ini bakal diramaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dan dr Tirta.

Foto: Salah satu sudut Pasar Klewer Solo (Bayu Ardi/detikcom)

Ada juga nama-nama seperti Dory Harsa, Doel Pecas Ndahe, Kocrit Pecas Ndahe, Londo Berseri, Wawan Teamlo, Endah Laras, Elizabeth Sudira, dan Sayuti OB yang memeriahkan pulang kampung digital Solo.

Dengan mengikuti Pulang Kampung Digital, detikcom akan mengajak detikers merasakan atmosfer kota Solo namun tetap #dirumahaja. Diharapkan program live streaming ini akan mengobati rasa rindu masyarakat akan kampung halaman masing-masing.

(ams/sip)