Intip Lengangnya Pasar Beringharjo Siang Ini yang Bikin Kangen Yogya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 11:57 WIB
Lengangnya Pasar Beringharjo Yogya, Kamis (21/5/2020).
Foto: Lengangnya Pasar Beringharjo Yogya, Kamis (21/5/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Suasana Pasar Beringharjo Yogyakarta menjelang lebaran tampak sepi hari ini. Suasananya lengang dan para pedagang mengeluh pendapatannya menurun drastis.

Pantauan detikcom, Kamis (21/5/2020) pukul 10.00 WIB, suasana lengang tampak mulai dari depan pintu masuk utama Pasar Beringharjo. Sesekali tampak beberapa pengunjung mencuci tangan di wastafel portabel sebelum masuk ke pasar tersebut.

Selain mencuci tangan, pengelola Pasar Beringharjo juga mewajibkan para pengunjung untuk mengenakan masker. Bahkan, sebelum masuk para pengunjung harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu.

Memasuki pasar, tampak tidak semua pedagang pakaian membuka kiosnya, karena itu suasana di dalam pasar cenderung sepi. Tak hanya itu, pengunjung di sektor pakaian yang setiap menjelang lebaran padat saat ini terbilang sepi.

Padahal setiap menjelang hingga sepanjang lebaran, pasar ini menjadi pusat keramaian. Kemacetan hampir terjadi sepanjang hari. Pembeli berdesakan di dalamnya untuk membeli batik atau kerajinan lain khas Yogyakarta.

Rita (51), salah seorang pedagang pakaian di Pasar Beringharjo membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kondisi sepi ini terjadi sejak mewabahnya COVID-19 di DIY.

Lengangnya Pasar Beringharjo Yogya, Kamis (21/5/2020).Lengangnya Pasar Beringharjo Yogya, Kamis (21/5/2020). Foto: Lengangnya Pasar Beringharjo Yogya, Kamis (21/5/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)

"Ya memang sepi seperti ini mas sejak ada Corona. Jadi bisa dibilang hari biasa sama jelang lebaran tidak ada peningkatan pengunjung alias sepi banget seperti ini," katanya saat ditemui detikcom, Kamis (21/5/2020).

Rita melanjutkan, bahwa kondisi tersebut otomatis membuat pemasukan menurun drastis. Pasalnya, dalam sehari dia hanya mampu menjual beberapa potong pakaian saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2