Ular Piton Bermunculan di Perkampungan Klaten, Sudah 5 Ekor Ditangkap

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 17 Mei 2020 12:19 WIB
Salah satu ular yang berhasil ditangkap warga di Klaten
Salah satu ular yang berhasil ditangkap warga di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Ular jenis piton berkeliaran di tegalan dan perkampungan penduduk di Desa Bono dan Pomah di Kecamatan Tulung, Klaten. Hingga saat ini sudah 5 ekor ukuran besar yang berhasil ditangkap warga.

"Yang sudah tertangkap sudah 5 ekor. Yang terakhir saya tangkap 3 hari lalu di perempatan jalan kampung," ungkap Bibit (35) warga Dusun Ngaliyan, Desa Bono, Kecamatan Tulung, kepada detikcom di rumahnya, Minggu (17/5/2020).

Namun Bibit mengatakan, ular piton sepanjang 2,5 meter yang ditangkapnya tiga hari lalu, Jumat (15/5) lepas dari kandang. Kini tinggal satu ekor yang masih di kandang, yakni ular sepanjang 3 meter yang ditangkap bulan lalu.

"Saya masih punya satu ekor. Tapi di dusun lain di Randusari, Pomah dan Tanjung juga ada yang nangkap," lanjut Bibit.

Ular jenis piton itu, sambung Bibit, sering ditemukan di kampungnya dan kampung sekitar. Berkeliaran di tegalan dan melintas jalan.

"cuma ke utara dan selatan tegalan (ladang) itu berkeliarannya, warga sudah biasa. Kalau sungai ada tapi jauh," lanjut Bibit.

Pantauan detikcom Dusun Ngaliyan, Desa Bono, berada di tengah ladang. Di selatan ada Dusun Pomah dan Randusari di barat dengan jarak sekitar 300 meter.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2